Kamis, 16 April 2015

RPKPS Teori IBM


Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Sumatera Barat
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
STKIP PGRI Sumatera Barat
Jl Gunung Pangilun Telp (0751) 7053731 – Fax. (0751) 7053826 Padang




 
Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS)



1. Nama mata kuliah           : Teori Pembelajaran Bahasa dan IBM
2. Kode/SKS                          : 2 SKS
3. Semester                            : Genap
4. Dosen Pembina                : Lira Hayu Afdetis M.Pd.
5. Tujuan Pembelajaran (kompetensi hard skill)

A.   Kompetensi Utama
Setelah memperoleh mata kuliah Teori Pembelajaran Bahasa dan IBM, mahasiswa diharapkan menguasai beberapa keterampilan dasar mengajar dan terampil mengajar.

B.  Kompetensi Khusus (hard skill)
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan konsep bahasa, pemerolehan  bahasa, dan pembelajaran  bahasa.
2.      Memahami pendekatan pembelajaran, teknik, daqn model-model pembelajaran.
3.      Memahami koasep Interaksi Belajar Mengajar (IBM).
4.      Menjelaskan beberapa keterampilan dasar dalam mengajar.
5.      Merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum KTSP tingkat SLTP, SMU.
6.      Menerapkan beberapa keterampilan dasar mengajar dalam bentuk mengajar di depan kelas

C. Menguasai Kompetensi Sosial (soft skill)
1. Mahasiswa berinteraksi dengan siswa menggunakan bahasa lisan yang    
baik dan benar.
2. Mahasiswa menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai dengan etika seorang guru.
3. Mahasiswa menghargai siswa sebagai manusia yang mampu dididik.
4. Memiliki rasa percaya diri sebagai calon seorang guru.
5. Mengetahui cara bertidak sebagai calon seorang guru.
6. Jumlah jam:

Kegiatan di dalam kelas                                      (2 SKS x 16 minggu)
a.   Pengenalan materi mata kuliah                            =   2 jam (1 pertemuan)
b.   Kuliah dan presentasi kelompok                         =   18  jam (9 pertemuan)
c.   Latihan untuk ketempilan dasar mengajar          =   10 jam ( 5 pertemuan)
d.   Review Materi                                                                   =   2 jam  (1 pertemuan)
      Total                                                                        =  32  jam (16 pertemuan)

Yang dimaksud dengan jam disini adalah jam pelajaran (50) menit sesuai dengan definisi satu sks. Pengenalan terhadap materi diberikan pada pendahuluan perkuliahan selama satu kali pertemuan. Kuliah dan presentasi kelompok dilakukan 9 kali pertemuan, sedangkan untuk keterampilan dasar mengajar dan latihan atau pratik dilkaksanakan 6 kali pertemuan.

8. Jadwal kegiatan mingguan
Minggu
Topik
Kegiatan di dalam kelas
Kegiatan di luar kelas
I
Penjelasan silabus perkuliahan
Menerangkan kontrak perkuliahan
Menemukan beberapa referensi yang dianjurkan
2
Pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Belajar menurut konsep behavior, mentalis, dan kognitivisme

Ceramah, diskusi kelas  yang dibimbing oleh dosen
Menemukan perbedaan pemerolehan dan pembelajaran
3
Pengajaran bahasa dan metode pengajaran yang berlandaskan linguistik tradisional

Diskusi kelompok’ ceramah,

 Menemukan beberapa metode pengajaran pada linguistik tradisional
4
IBM, faktor yang mempengaruhi IBM dan penerapan IBM

Presentasi, diskusi kelas, ceramah
Studi mandiri kepustakaan
5
Pendekatan mutakhir dalam pembelajaran bahasa
Presentasi, diskusi kelas, ceramah
Studi mandiri kepustakaan


6
Tenik, metode, dan                        model-model pembelajaran bahasa
Presentasi, diskusi kelas, ceramah
Studi m,andiri kepustakaan


7
Rancangan kegiatan pembelajaran ket.menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan pendekatan pembelajaran yang sesuai
Latihan
Studi mandiri kepustakaan
8

Ujian Tengah Semester
Melaksanakan ujian tertulis

9
Keterampilan dasar mengajar yakni keterampilan membuka pelajaran

Latihan mengajar membuka pelajaran
Studi mandiri kepustakaan
10
Keterampilan dasar mengajar menutup pelajara
Latihan mengajar menutup pelajaran
Studi mandiri kepustakaan
11
Keterampilan dasar mengajar, mengelola kelas bahasa
Latihan/ prktik pengelolaan kelas bahasa
Studi mandiri kepustakaan
12
Keterampilan dasar mengajar memberikan penguatan dan memberikan variasi dalam mengajar

Latikan/ praktik
Studi mandiri kepuskaan
13
Ketrampilan dasar mengajar bertanya dasar dan bertanya lanjut
Latihan / praktik
Studi mandiri kepustakaan
14
Ketrampilan dasar mengajar memimpin diskusi kelompok kecil
Latihan / praktik
Studi mandiri kepustakaan


15
Keterampilan dasar mengajar perorangan
Latihan / praktik
Studi mandiri kepustakaan


16
Review materi

Ceramah, diskusi kelas








9. Pemberian tugas
Deskripsi tugas
Mahasiswa diminta aktif mencari bahan tambahan sendiri untuk setiap materi dengan mencari buku sumber yang lain di perpustakaan atau di internet. Tugas terdiri atas tugas individu dan kelompiok. Untuk tugas individu, mahasiswa ditugaskan untuk merancang kegiatan pembelajaran salah satu SK dan KD dan membuat RPP  kemudian menampilkannya dalam bentuk kegiatan mengajaryang bobotnya 40%. Dalam hal ini mahasiswa dihsrspksn untuk menerapkan keterampilan dasar mengajar.

10. Penilaian
Rincian penilain sebagai berikut;

NO
JENIS TAGIHAN
BOBOT
1.
Partisipasi aktif, kehadiran
10%
2.
Tugas individu dan presentasi kelompok
40%
3.
Ujian tengah semester
Ujian akhir semester
20%
30%



11. Referensi
  1. Abimayu, Soli. 1993 Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Jakarta P2LPTK
  2. Depdikbud. 2005. Standar Isi Kurikulum KTSP
  3. Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta. Erlangga     
  4. Entong, M. 1983. Pengelolan Kelas ,Jakarta. P2LPTK
  5. Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar.Bandung.
  6. Hasibuan. 1999. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Karya
  7. Kaseng Syahrudin. 1989. Linguistik Terapan. Jakarta. Depdikbud Dikti
  8. Mudhafir, 1986. Prinsip-Prnsip Pengelolaan Kelas Sumber Belajar. Bandung. Remaja Karya
  9. Nababan, SUS. 1989. Metodologi Pengajaran Penguatan. Jakarta. Gramedia
  10. Pah. D.N. 1983.keterapilan Memberikan Penguatan. Jakarta.P2LPTK
  11. Parera, Jos Daniel.1983. Keterampilan Bertanya dan Menjelaskan. Jakarta. P2LPTK
  12. Raka, Joni. 1983. Keterampilan Bertanya dan Menjelaskan Lanjut. Jakarta, P2LPTK
  13. Suprayekti. 1999. Interaksi Belajar Mengajar. Jaklarta. Dikti
  14. Sumaedi, Mulyono. 1992. Pendekatan dan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta. Sinar Harapan
  15. Supani,H. Suardi.1997. Teori Pembelajaran Bahasa. Jakarta. Depdikbud Dikti
  16. Siliwangi, Basenang. 1987. Dasar-Dsar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Malang. Jemmars
  17. TW.H. Solehan. 1997.Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia
  18. Wiryawan, Siti Anitah. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Jakarta. Karanika Universitas Terbuka


12.  Perencanaan Monitoring dan Umpan Balik
Rencana dokumen monitoring dan umpan balik meliputi dan diwujudkan dalam bentok form-form yang terdiri atas:
a.      Rencana dokumen/form kegiatan mingguan
b.      Rencana dokumen/form umpan balik dari mahasiswa
c.       Rencana dokumen/form perubahan

FORMAT KEGIATAN MINGGUAN
No
Nama Mahasiswa
Individual
Kelompok
Ket
Hari/PBM
Mid
Sem
Tgs
Kmpk
Mrta
Pngasaan
Ds
Pts
KK
Pd
1.
Mhsswa A











2.
Mhsswa B











3.
dst



















FORMAT UMPAN BALIK DARI MAHASISWA
a.      Apa yang anda dapatkan dalam perkuliahan hari ini?
b.      Apa kesulitan anda hari ini?
c.       Apa yang anda sukai dalam kuliah hari ini?
d.      Apa yang tidak anda sukai dalam kuliah hari ini?
Masalah yang bersifat umum segera diperbaiki dan langsung diterapkan pada pertemuan berikutnya, sedangkan yang sifatnya mendasar akan dicatat untuk perbaikan pada semester berikutnya.

FORMAT PERUBAHAN
GAP
AKAR MASALAH
ALTERNATIF SOLUSI







13. Perencanaan Evaluasi
a.      Hasil pembelajaran
            Evaluasi terhadap kemampuan mahasiswa dilakukan pada saat mereka menampilkan RPP dengan menerapkan keterampilan dasar mengajar dalam kelas. Hasil ini menggambarkan kemampuan individual mahasiswa dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar. Dari sini dianalisis persentase mahasiswa yang berhasil mencapai target kompetensi tersebut dan menentukan nilai akhir yang dapat diraih mahasiswa.
b.      Hambatan dan kekurangan
Mahasiswa kurang memahami konsep beberapa keterampilan dasar mengajar akibatnya mahasiswa kurang percaya diri ketika tampil mengajar.
14. Kemungkinan perbaikan
Penerapan berkelanjutan selalu dapat diusahakan dan dapat berubah sesuai dengan minat dan perkembangan mahasiswa. Pemahaman yang terus diberikan akan kemungkinan mahasiswa keguruan terjun kedunia pendidikan. Hal ini bisa dicapai dengan cara melakukan berbagai kegiatan di dalam kelas pada mata kuliah IBM  yang menitikberatkan pada penerapan keterampilan dasar mengajar. Dosen diharapkan mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa keguruan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar