Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Sumatera
Barat
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
STKIP PGRI Sumatera Barat
Jl Gunung Pangilun Telp (0751) 7053731 – Fax. (0751)
7053826 Padang
Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS)
1. Nama mata kuliah :
Teori Pembelajaran Bahasa dan IBM
2. Kode/SKS : 2 SKS
3. Semester : Genap
4. Dosen Pembina : Lira Hayu Afdetis M.Pd.
5. Tujuan Pembelajaran (kompetensi hard skill)
A. Kompetensi
Utama
Setelah memperoleh mata kuliah Teori Pembelajaran Bahasa
dan IBM, mahasiswa diharapkan menguasai beberapa keterampilan dasar mengajar
dan terampil mengajar.
B. Kompetensi Khusus (hard skill)
Setelah menempuh mata kuliah
ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan konsep bahasa, pemerolehan bahasa, dan pembelajaran bahasa.
2.
Memahami pendekatan pembelajaran, teknik, daqn
model-model pembelajaran.
3.
Memahami koasep Interaksi Belajar Mengajar (IBM).
4.
Menjelaskan beberapa keterampilan dasar dalam mengajar.
5.
Merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan standar
kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum KTSP tingkat SLTP, SMU.
6.
Menerapkan beberapa keterampilan dasar mengajar dalam
bentuk mengajar di depan kelas
C. Menguasai Kompetensi Sosial (soft skill)
1. Mahasiswa berinteraksi
dengan siswa menggunakan bahasa lisan yang
baik dan benar.
2. Mahasiswa menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai dengan etika seorang guru.
3. Mahasiswa menghargai siswa
sebagai manusia yang mampu dididik.
4. Memiliki rasa percaya diri
sebagai calon seorang guru.
5. Mengetahui cara bertidak sebagai calon seorang guru.
6. Jumlah jam:
Kegiatan di dalam kelas (2 SKS x 16 minggu)
a. Pengenalan materi mata kuliah =
2 jam (1 pertemuan)
b. Kuliah dan presentasi kelompok = 18 jam
(9 pertemuan)
c. Latihan untuk ketempilan dasar mengajar =
10 jam ( 5 pertemuan)
d. Review
Materi =
2 jam (1 pertemuan)
Total =
32 jam (16 pertemuan)
Yang dimaksud dengan jam
disini adalah jam pelajaran (50) menit sesuai dengan definisi satu sks.
Pengenalan terhadap materi diberikan pada pendahuluan perkuliahan selama satu
kali pertemuan. Kuliah dan presentasi kelompok dilakukan 9 kali pertemuan,
sedangkan untuk keterampilan dasar mengajar dan latihan atau pratik
dilkaksanakan 6 kali pertemuan.
8. Jadwal kegiatan mingguan
Minggu
|
Topik
|
Kegiatan di dalam kelas
|
Kegiatan di luar kelas
|
I
|
Penjelasan silabus
perkuliahan
|
Menerangkan kontrak
perkuliahan
|
Menemukan beberapa referensi yang
dianjurkan
|
2
|
Pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Belajar menurut konsep behavior,
mentalis, dan kognitivisme
|
Ceramah, diskusi
kelas yang dibimbing oleh dosen
|
Menemukan perbedaan
pemerolehan dan pembelajaran
|
3
|
Pengajaran bahasa dan metode pengajaran yang berlandaskan linguistik
tradisional
|
Diskusi kelompok’
ceramah,
|
Menemukan beberapa metode pengajaran pada
linguistik tradisional
|
4
|
IBM, faktor yang mempengaruhi IBM dan penerapan IBM
|
Presentasi, diskusi
kelas, ceramah
|
Studi mandiri
kepustakaan
|
5
|
Pendekatan mutakhir
dalam pembelajaran bahasa
|
Presentasi, diskusi
kelas, ceramah
|
Studi mandiri
kepustakaan
|
6
|
Tenik, metode, dan model-model
pembelajaran bahasa
|
Presentasi, diskusi
kelas, ceramah
|
Studi m,andiri
kepustakaan
|
7
|
Rancangan kegiatan
pembelajaran ket.menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan pendekatan
pembelajaran yang sesuai
|
Latihan
|
Studi mandiri kepustakaan
|
8
|
Ujian Tengah
Semester
|
Melaksanakan ujian
tertulis
|
|
9
|
Keterampilan dasar
mengajar yakni keterampilan membuka pelajaran
|
Latihan mengajar
membuka pelajaran
|
Studi mandiri kepustakaan
|
10
|
Keterampilan dasar
mengajar menutup pelajara
|
Latihan mengajar
menutup pelajaran
|
Studi mandiri kepustakaan
|
11
|
Keterampilan dasar
mengajar, mengelola kelas bahasa
|
Latihan/ prktik
pengelolaan kelas bahasa
|
Studi mandiri kepustakaan
|
12
|
Keterampilan dasar mengajar memberikan penguatan dan memberikan variasi
dalam mengajar
|
Latikan/ praktik
|
Studi mandiri kepuskaan
|
13
|
Ketrampilan dasar
mengajar bertanya dasar dan bertanya lanjut
|
Latihan / praktik
|
Studi mandiri kepustakaan
|
14
|
Ketrampilan dasar
mengajar memimpin diskusi kelompok kecil
|
Latihan / praktik
|
Studi mandiri kepustakaan
|
15
|
Keterampilan dasar mengajar perorangan
|
Latihan / praktik
|
Studi mandiri kepustakaan
|
16
|
Review materi
|
Ceramah, diskusi
kelas
|
Deskripsi tugas
Mahasiswa diminta aktif
mencari bahan tambahan sendiri untuk setiap materi dengan mencari buku sumber
yang lain di perpustakaan atau di internet. Tugas terdiri atas tugas individu
dan kelompiok. Untuk tugas individu, mahasiswa ditugaskan untuk merancang
kegiatan pembelajaran salah satu SK dan KD dan membuat RPP kemudian menampilkannya dalam bentuk kegiatan
mengajaryang bobotnya 40%. Dalam hal ini mahasiswa dihsrspksn untuk menerapkan
keterampilan dasar mengajar.
10. Penilaian
Rincian penilain sebagai
berikut;
NO
|
JENIS TAGIHAN
|
BOBOT
|
1.
|
Partisipasi aktif, kehadiran
|
10%
|
2.
|
Tugas individu dan
presentasi kelompok
|
40%
|
3.
|
Ujian tengah semester
Ujian akhir semester
|
20%
30%
|
11. Referensi
- Abimayu, Soli. 1993 Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Jakarta P2LPTK
- Depdikbud. 2005. Standar Isi Kurikulum KTSP
- Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta. Erlangga
- Entong, M. 1983. Pengelolan Kelas ,Jakarta. P2LPTK
- Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar.Bandung.
- Hasibuan. 1999. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Karya
- Kaseng Syahrudin. 1989. Linguistik Terapan. Jakarta. Depdikbud Dikti
- Mudhafir, 1986. Prinsip-Prnsip Pengelolaan Kelas Sumber Belajar. Bandung. Remaja Karya
- Nababan, SUS. 1989. Metodologi Pengajaran Penguatan. Jakarta. Gramedia
- Pah. D.N. 1983.keterapilan Memberikan Penguatan. Jakarta.P2LPTK
- Parera, Jos Daniel.1983. Keterampilan Bertanya dan Menjelaskan. Jakarta. P2LPTK
- Raka, Joni. 1983. Keterampilan Bertanya dan Menjelaskan Lanjut. Jakarta, P2LPTK
- Suprayekti. 1999. Interaksi Belajar Mengajar. Jaklarta. Dikti
- Sumaedi, Mulyono. 1992. Pendekatan dan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta. Sinar Harapan
- Supani,H. Suardi.1997. Teori Pembelajaran Bahasa. Jakarta. Depdikbud Dikti
- Siliwangi, Basenang. 1987. Dasar-Dsar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Malang. Jemmars
- TW.H. Solehan. 1997.Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia
- Wiryawan, Siti Anitah. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Jakarta. Karanika Universitas Terbuka
12. Perencanaan
Monitoring dan Umpan Balik
Rencana dokumen monitoring
dan umpan balik meliputi dan diwujudkan dalam bentok form-form yang terdiri
atas:
a.
Rencana dokumen/form kegiatan mingguan
b.
Rencana dokumen/form umpan balik dari mahasiswa
c.
Rencana dokumen/form perubahan
FORMAT KEGIATAN MINGGUAN
No
|
Nama Mahasiswa
|
Individual
|
Kelompok
|
Ket
|
||||||||
Hari/PBM
|
Mid
|
Sem
|
Tgs
|
Kmpk
|
Mrta
|
Pngasaan
|
Ds
|
|||||
Pts
|
KK
|
Pd
|
||||||||||
1.
|
Mhsswa A
|
|||||||||||
2.
|
Mhsswa B
|
|||||||||||
3.
|
dst
|
FORMAT UMPAN BALIK DARI MAHASISWA
a.
Apa yang anda dapatkan dalam perkuliahan hari ini?
b.
Apa kesulitan anda hari ini?
c.
Apa yang anda sukai dalam kuliah hari ini?
d.
Apa yang tidak anda sukai dalam kuliah hari ini?
Masalah yang bersifat umum
segera diperbaiki dan langsung diterapkan pada pertemuan berikutnya, sedangkan
yang sifatnya mendasar akan dicatat untuk perbaikan pada semester berikutnya.
FORMAT PERUBAHAN
GAP
|
AKAR MASALAH
|
ALTERNATIF SOLUSI
|
13. Perencanaan Evaluasi
a.
Hasil pembelajaran
Evaluasi
terhadap kemampuan mahasiswa dilakukan pada saat mereka menampilkan RPP dengan
menerapkan keterampilan dasar mengajar dalam kelas. Hasil ini menggambarkan
kemampuan individual mahasiswa dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar.
Dari sini dianalisis persentase mahasiswa yang berhasil mencapai target
kompetensi tersebut dan menentukan nilai akhir yang dapat diraih mahasiswa.
b.
Hambatan dan kekurangan
Mahasiswa kurang memahami
konsep beberapa keterampilan dasar mengajar akibatnya mahasiswa kurang percaya
diri ketika tampil mengajar.
14. Kemungkinan perbaikan
Penerapan berkelanjutan
selalu dapat diusahakan dan dapat berubah sesuai dengan minat dan perkembangan
mahasiswa. Pemahaman yang terus diberikan akan kemungkinan mahasiswa keguruan
terjun kedunia pendidikan. Hal ini bisa dicapai dengan cara melakukan berbagai
kegiatan di dalam kelas pada mata kuliah IBM yang menitikberatkan pada penerapan
keterampilan dasar mengajar. Dosen diharapkan mampu memberikan motivasi kepada
mahasiswa keguruan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar